10 Warna Cat Rumah Minimalis Bagian Luar Yang Bagus Tampak Depan

Warna cat rumah minimalis memang selalu dijadikan bahan pertimbangan saat sedang ingin memberikan sentuhan warna pada bidang tertentu, keindahan dan juga kesan yang simpel memang harus selalu dihadirkan untuk membuat konsep minimalis terwujud dengan utuh. Dalam hal membangun rumah tidak hanya dibutuhkan cat yang akan diterapkan pada bagian interior saja melainkan juga pada bagian eksterior.

Bahkan warna cat rumah pada bagian eksterior memiliki peran sangat penting untuk dapat menampilkan kesan tertentu, sebab akan sangat berpengaruh pada tampilan fasad rumah, menarik atau tidaknya sebuah rumah juga sangat bergantung pada warna cat yang anda terapkan di bagian eksterior. Apalagi desain maupun konsep rumah yang anda miliki akan mencerminkan karakter dari Anda yaitu sang pemilik rumah sehingga tampilan fasad rumah bisa dijadikan identitas bagi pemilik rumah.

kombinasi warna cat rumah coklat putih

Sebelum membahas mengenai jenis-jenis warna cat yang sesuai untuk diterapkan pada bagian eksterior rumah, akan lebih baik jika anda mengetahui beberapa tips yang berkaitan dengan cara memilih cat untuk eksterior rumah.
Tingkat keamanan

Saat ini ada beberapa jenis cat yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti timah hitam atau merkuri sehingga tak heran apabila ada beberapa jenis cat eksterior yang dijual dengan harga yang lebih murah dari harga-harga merek lain di pasaran karena memang bahan yang digunakan merupakan jenis bahan yang tidak layak guna.

Menggunakan cat eksterior yang mengandung bahan kimia tentu saja akan membahayakan lingkungan, disamping itu juga akan memberikan efek yang kurang baik pada penghuni rumah termasuk juga pada tukang yang sedang melakukan pengecatan pada eksterior rumah sehingga akan lebih bagus jika Anda memilih jenis cat yang benar-benar aman dan tidak mengandung bahan berbahaya demi kebaikan semua pihak.

warna cat orange rumah minimalis tampak depan

Tips Memilih Warna Cat Eksterior

Daya Tahan
Inilah salah satu perbedaan cat interior dan eksterior, mengingat bahwa cat eksterior akan selalu bersentuhan dengan panas matahari maupun air hujan maka memilih cat yang memiliki daya tahan kuat sehingga tidak mudah terkelupas dan juga memiliki fitur anti jamur adalah salah satu pilihan yang paling tepat, ditambah lagi jika anda berdomisili di kawasan yang rawan banjir tentu saja sangat membutuhkan jenis cat yang memiliki daya tahan maksimal agar nantinya saat terjadi banjir dinding tersebut lebih mudah untuk dibersihkan sebab menggunakan cat khusus.

Menyesuaikan Dengan Gaya Arsitektur Bangunan
Dalam poin ini anda harus bisa lebih jeli dalam memilih jenis-jenis warna termasuk juga kombinasi warna cat yang akan Anda pilih agar nantinya warna tersebut terkesan serasi dengan gaya arsitektur bangunan atau rumah anda, sebab memang ada beberapa warna yang identik dengan konsep tertentu misalnya saja warna coklat yang lebih identik dengan gaya arsitektur Classic dan sepertinya kurang begitu sesuai jika diterapkan pada rumah minimalis.

  warna cat rumah minimalis 2 lantai warna cat rumah minimalis 2017 warna cat rumah minimalis bagian luar warna cat rumah minimalis elegan warna cat rumah minimalis hijau warna cat rumah minimalis sederhana warna cat rumah minimalis tampak depan merah warna cat rumah minimalis tampak depan type 36

Kombinasi Warna Cat Depan Rumah

Untuk selanjutnya kita akan membahas mengenai beberapa contoh warna cat eksterior yang bisa anda terapkan pada rumah minimalis yang anda miliki.

1. Abu-Abu Dan Kuning Gading
Warna abu-abu memang selama ini identik dengan konsep minimalis karena sejak awal kemunculan konsep tersebut para arsitek lebih sering menerapkan warna abu-abu untuk dijadikan sebagai warna utama pada bagian eksterior rumah dan rupanya warna tersebut masih tetap bisa anda terapkan hingga saat ini.

Warna abu-abu dari bagian eksterior rumah ini tidak hanya bisa anda terapkan pada bagian dinding eksterior saja melainkan juga pada bagian genteng atau atap sehingga tingkat dominasinya memang jauh lebih tinggi. Mengingat bahwa warna abu-abu tergolong pada warna yang sedikit gelap maka dibutuhkan warna lain yang sifatnya netral dan mencerahkan yaitu warna kuning gading, warna tersebut bisa dijadikan pilihan agar tidak terlalu mengutamakan warna putih yang memang terkesan monoton.

2. Orange dan Putih
Salah satu ciri rumah minimalis adalah mengombinasikan beberapa jenis warna dalam satu bidang, dalam hal ini anda bisa mengombinasikan dua warna atau tiga jenis warna, misalnya saja memanfaatkan warna orange, putih dan abu-abu. Ketiga warna tersebut akan mampu menghadirkan kesan yang elegan dan minimalis sehingga bisa menghadirkan tampilan Fasad rumah yang lebih modern dan tidak membosankan. Warna oranye yang tergolong pada jenis warna color full akan memberikan kesan lebih ceria pada rumah Anda meskipun pada prakteknya warna orange tersebut hanya bersifat sebagai aksen sehingga tidak diterapkan dalam prosentase yang terlalu besar. Sementara itu warna utama yang bisa anda pilih adalah warna putih dan aksen warna yang kedua bisa menggunakan warna abu-abu.

3. Merah maroon dan putih
Masih berkutat pada warna yang dikombinasikan untuk memberikan kesan yang lebih unik, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan warna merah maroon yang nantinya selain bisa disandingkan dengan warna putih sebagai warna utamanya atau juga bisa memilih warna-warna lain seperti warna abu-abu yang diterapkan pada salah satu bagian dinding. Nuansa yang akan muncul pada saat Anda menggunakan kombinasi warna-warna tersebut adalah kesan yang lebih modern dan colorful.

4. Yellow Green dan Orange
Untuk kali ini Anda tidak harus selalu menggunakan warna putih sebagai warna dominan untuk mewarnai bagian eksterior dari rumah minimalis kebanggaan Anda. Sebab bagi Anda yang menyukai warna-warna cerah bisa menerapkan 2 warna tersebut. Anda bisa memilih salah satu dari warna tersebut untuk dijadikan sebagai warna dominan dan warna lainnya bisa dijadikan sebagai aksen.

Meskipun telah terdapat dua warna utama yaitu yellow green dan oranye bukan berarti Anda tidak memerlukan warna lain sebagai pemanis, mengingat bahwa kedua warna tersebut sudah tergolong pada jenis warna yang mencolok dan cukup kontras dengan kondisi sekitar maka anda memerlukan warna yang sedikit gelap seperti warna hitam yang bisa dimanfaatkan untuk mewarnai tiang teras rumah minimalis anda.

5. Hijau, abu-abu dan putih
Kombinasi warna ini merupakan warna yang paling simpel yang bisa anda terapkan untuk membuat kesan yang lebih modern. Untuk dominasi warna yang bisa anda gunakan adalah warna abu-abu yang nantinya bisa diterapkan hingga 65% ,sementara itu warna putih menduduki urutan kedua yaitu 20%, untuk sisanya bisa menggunakan warna hijau agar memberikan kesan yang lebih segar dan tidak terlihat terlalu sederhana. Warna hijau memberikan kesan yang lebih natural dan menyatu dengan alam sekitar sehingga bisa dimanfaatkan untuk memberikan kesan asri pada tampilan fasad rumah anda.

Kombinasi warna-warna tersebut diatas bisa anda pilih salah satunya untuk memberikan warna yang lebih atraktif pada bagian eksterior rumah. Untuk diketahui bahwa anda bisa mengombinasikan beberapa warna pada bagian eksterior rumah anda, tetapi akan lebih ideal jika Anda menggunakan maksimal tiga jenis warna saja dan tidak lebih dari itu, sebab terlalu banyak kombinasi warna yang diterapkan hanya akan membuat tampilan rumah minimalis menjadi terkesan kurang menarik dan terlalu ramai.