Taman Rumah Minimalis


Taman Rumah Minimalis
Taman adalah area hijau yang biasanya diletakkan pada bagian luar ruangan baik di halaman depan, samping ataupun belakang rumah. Fungsi taman sebenarnya hanyalah untuk membuat rumah terlihat lebih asri dan sejuk disamping itu taman yang luas juga bisa dijadikan sebagai area untuk bersantai bersama keluarga termasuk juga untuk anak-anak yang ingin bermain di luar ruangan.
Mendesain taman memang tidak semudah ketika anda mendesain interior karena diperlukan keahlian dalam hal bercocok tanam sehingga akan lebih baik jika anda meminta bantuan para ahli untuk mendesain taman Anda agar nantinya bisa dipilihkan jenis tanaman yang sesuai untuk lokasi rumah Anda. Karena memang ada beberapa jenis tanaman yang tidak sesuai untuk daerah tertentu misalnya saja jenis tanaman yang membutuhkan banyak air tidak sesuai untuk Anda yang berada di kawasan dengan curah hujan yang minim.
Desain taman minimalis bisa diterapkan dengan baik meskipun area yang ada di rumah Anda tidak terlalu luas pemanfaatan pot bisa dijadikan sebagai media tanam yang tepat untuk menyiasati keterbatasan lahan, sehingga nantinya area taman bisa tetap memiliki tumbuhan yang lengkap. Bahkan Anda juga bisa memanfaatkan dinding ataupun pagar rumah anda untuk dijadikan taman gantung.
Taman gantung minimalis bisa diterapkan dimanapun Anda berada meskipun luas area taman sangatlah minim, bagi Anda yang tertarik untuk menanam tanaman di dalam pot, maka berikut ini akan dibahas mengenai tips-tips perawatan tanaman dalam pot yang bisa anda terapkan.
• Memilih jenis tanaman yang memiliki karakter sesuai dengan desain rumah yang sedang anda tinggali mulai dari bentuk daun dan juga ukuran tinggi dari tanaman tersebut. Tidak semua jenis tanaman sesuai ditempatkan pada pot karena kadang memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih cepat sehingga akan mengalami kendala saat ingin bertumbuh sebab akar tidak bisa menembus lapisan pot, sehingga justru akan membuat tanaman tidak bisa hidup dengan baik. Pot itu sendiri juga memiliki fungsi tambahan lain, misalnya saja untuk pot yang akan ditempatkan pada bagian interior rumah ataupun teras maka Anda bisa memilih jenis pot yang memiliki motif khusus sehinga nantinya baik pot maupun bunga sama-sama memiliki peran sebagai aksesoris.
• Membersihkan daun-daun yang jatuh di dalam pot agar nantinya tumbuhan tetap terlihat rapi termasuk juga untuk jenis pot yang digunakan sebagai aksesoris interior ruangan.
• Memanfaatkan kerikil untuk melapisi permukaan tanah dari pot tersebut agar tidak terlihat kotor.
• Memberikan suplai air yang cukup pada tanaman yang ditanam pada pot agar nantinya tetap bisa tumbuh dengan maksimal.
• Memahami karakter tanaman dan memberikan lokasi yang tepat untuk tanaman tersebut bisa berkembang dengan baik, misalnya saja jika jenis tanaman tersebut kurang begitu sesuai jika ditempatkan pada area yang panas maka posisikan pot dan tanaman pada area yang sejuk tetapi masih tetap terkenal sehat.
Selain bisa menggunakan pot, Anda juga bisa langsung menanam tanaman pada tanah khususnya untuk jenis tanaman yang biasanya hidup dengan tingkat perkembangan cepat dan memiliki batang yang tinggi, jenis tanaman yang demikian bisa memberikan efek teduh pada halaman depan rumah. Salah satu contohnya adalah jenis tanaman bambu hias bisa anda manfaatkan untuk membuat taman di rumah Anda terkesan lebih teduh dan rindang tetapi tetap memberikan suasana yang minimalis.
Salah satu jenis tanaman bambu hias yang sering digunakan untuk menghiasi area taman adalah bambu air. Ukuran diameter tanaman bambu air ini tidak terlalu besar sehingga lebih terlihat bagaikan rumput yang tumbuh tinggi. Penanaman tanaman bambu ini juga sangat mudah karena memang tanaman ini tidak memiliki bunga sehingga pesona dari tanaman ini hanya ada pada warna hijau dan bentuknya yang minimalis saja.
Biasanya tanaman hal ini diletakkan berdampingan dengan kolam ikan yang ada di area taman, penempatan tersebut memiliki dua tujuan yang sama-sama saling menguntungkan. Tujuan yang pertama adalah agar tanaman bambu air tetap dekat dengan air karena berada di samping kolam ikan yang kedua adalah kolam ikan tersebut terlihat lebih asri dan natural.
Menggunakan tanaman yang minim dengan bunga biasanya diterapkan pada jenis taman minimalis dengan konsep sederhana dan khususnya untuk mereka yang kurang begitu memiliki waktu untuk merawat tanaman-tanaman tersebut, karena memang jenis tanaman yang memiliki bunga akan sedikit merepotkan saat perawatannya.
Jenis tanaman yang sesuai untuk Anda yang memiliki tingkat kesibukan tinggi akan lebih bagus jika memilih tanaman yang menarik hanya dengan keberadaan daunnya saja sebab untuk bisa menghadirkan kesan yang indah pada taman tidak harus selalu menggunakan jenis tanaman berbunga yang terlalu berwarna-warni. Apalagi jika taman di rumah Anda tidak terlalu luas maka penggunaan tanaman yang terlalu beraneka ragam warnanya justru akan memberikan kesan yang kurang ideal.
Untuk menikmati area taman ini diperlukan beberapa perabotan pendukung yang pertama adalah lampu taman sehingga nantinya keindahan dan keasrian dari taman tersebut tidak hanya bisa dinikmati saat siang hari saja melainkan juga saat malam hari.
Disamping itu taman yang luas dan diletakkan pada samping ataupun belakang rumah biasanya juga memiliki fungsi lain diantaranya adalah sebagai tempat untuk makan malam ataupun sarapan dengan menempatkan beberapa kursi taman dan juga meja, jika tidak difasilitasi dengan lampu taman tentu saja aktivitas tersebut akan sulit untuk dilakukan.
Lampu taman tidak harus selalu menggunakan jenis lampu yang memiliki model armature bulat tetapi juga bisa dengan memanfaatkan jenis lampu taman dalam model gantung yang diterapkan pada dinding ataupun tiang, penggunaan lampu gantung pada taman juga memberikan manfaat berupa pancaran sinar dari lampu tersebut yang akan tersebar jauh lebih luas sehingga anda cukup menempatkan beberapa jumlah lampu taman saja dan area taman akan tetap terlihat terang saat malam hari.
Selain bisa menggunakan kursi taman Anda juga bisa membangun Gazebo minimalis di area taman rumah anda, kegunaan Gazebo ini tentu saja beraneka ragam tidak hanya untuk dimanfaatkan sebagai tempat jamuan makan ketika malam hari saja melainkan juga bisa di gunakan untuk bersantai saat siang hari sambil menikmati suasana yang sejuk pada area taman anda.
Jika taman di rumah Anda terlalu sempit dan kurang begitu ideal untuk menempatkan Gazebo tepat di tengah taman maka gazebo bisa anda tempatkan pada salah satu sudut dari area taman tersebut, sehingga akan terlihat lebih ringkas dan juga tetap memiliki fungsi yang optimal.
Penggunaan material kayu pada Gazebo akan semakin meningkatkan kesan natural pada taman di rumah anda. Disamping itu Gazebo juga lebih ideal untuk dijadikan sebagai tempat berteduh saat siang hari ataupun ketika hujan.