10 Desain Taman Rumah Minimalis Di Halaman Depan Dan Belakang

Keberadaan taman minimalis pada sebuah rumah bersifat opsional karena sebenarnya ada atau tidaknya taman tidak terlalu berpengaruh pada kegiatan sehari-hari manusia, namun jika dilihat dari sudut pandang keindahan maka sebuah rumah rasanya kurang lengkap jika tidak dilengkapi dengan taman meskipun ukuran tamannya tidak terlalu besar atau berkonsep taman minimalis.

Bahkan saat ini hampir semua rumah minimalis selalu menyediakan lahan kosong untuk dijadikan area hijau, sebab memang rumah yang dilengkapi dengan taman akan terlihat lebih sejuk dan juga cozy, sangat berbeda jika rumah Anda tidak dibubuhi dengan tumbuhan hijau maka yang terlihat adalah rumah yang gersang dan tidak berwarna.

taman dalam rumah
taman dalam rumah

Mengingat betapa pentingnya keberadaan taman untuk meningkatkan keindahan sebuah bangunan khususnya untuk tempat tinggal yang berkonsep minimalis, maka pastinya Anda juga ingin membuat taman minimalis di area halaman rumah anda, karena sebenarnya taman tidak hanya bisa diletakkan pada bagian depan rumah saja tetapi juga bisa diletakkan pada samping hingga belakang rumah. Untuk mendapatkan tampilan taman minimalis yang mempesona anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Model taman dan jenis tanaman hias

Taman Halaman depan Rumah
Taman Halaman depan Rumah

Sebelum menempatkan beberapa tumbuhan di area taman tentu saja akan sangat penting untuk anda menentukan terlebih dahulu model taman yang ingin anda bangun.

Ada dua tipe model taman yang perlu Anda ketahui yaitu taman basah dan taman kering. Taman basah lebih banyak diterapkan oleh masyarakat luas yang identik dengan tumbuhan hijau dengan kebutuhan air yang optimal sehingga setiap hari harus selalu disiram, sementara itu untuk taman kering biasanya diletakkan di lokasi yang berdekatan dengan ruangan di dalam rumah, taman kering biasanya juga bisa ditempatkan tepat di bawah tangga sehingga berada di lokasi rumah, salah satu ciri khas taman kering adalah pemilihan jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air sehingga cukup satu kali seminggu saja untuk menyiraminya, namun demikian taman kering juga tidak kalah menarik untuk bisa dijadikan sebagai alat memperindah ruangan di rumah Anda sehingga terkesan lebih natural.

Yang pertama akan kita bahas adalah jenis taman basah yang 90% diterapkan di Indonesia. Sebagai salah satu negara yang ada di lintasan garis khatulistiwa, Indonesia memiliki beragam jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan subur sehingga hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuat taman basah di halaman rumah kita, untuk mewujudkan hal tersebut tentu saja kita memerlukan beberapa jenis tanaman.

Taman Hias Di Belakang Rumah
Taman Hias Di Belakang Rumah

Saat memilih jenis tanaman ini sebaiknya juga harus disesuaikan dengan kebiasaan anda, misalnya saja adalah untuk Anda yang tidak terlalu sering berada di rumah dan tidak banyak memiliki waktu luang untuk merawat tanaman maka sebaiknya pilihlah jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air sehingga Anda cukup menyiraminya dua atau tiga kali saja dalam seminggu, yang kedua adalah pilihlah tanaman yang tidak cepat tumbuh besar sehingga nantinya Anda tidak akan selalu direpotkan untuk terus merapikan tanaman tersebut.

Salah satu rekomendasi tanaman yang bisa anda tempatkan pada jenis taman basah adalah pohon Puring, tanaman ini sangat cocok jika ditempatkan di ruangan terbuka yang identik dengan panas matahari yang menyengat karena justru dengan sinar matahari tersebut pohon puring akan menghasilkan corak warna yang atraktif pada daunnya, sebab memang pohon puring memiliki daya tarik pada daunnya dan bukan pada bunga yang dihasilkan, namun perlu diingat bahwa pohon puring harus selalu disirami secara rutin setidaknya dua hari sekali.

Lampu taman

Lampu Hias Untuk Taman Dan cafe
Lampu Hias Untuk Taman Dan cafe

Pencahayaan pada taman juga mutlak diperlukan khususnya untuk malam hari, agar nantinya keindahan tumbuhan yang ada di dalam taman anda tetap terlihat dan bisa dinikmati. Ada beberapa alasan mengapa taman harus memiliki pencahayaan yang cukup, yang pertama adalah untuk keamanan, guna menunjukkan arah langkah dan juga untuk menampilkan titik fokus tertentu pada jenis tanaman yang ingin ditonjolkan.

Pemasangan lampu untuk alasan keamanan ini bisa diterapkan dengan cara pemilihan lampu bercahaya putih yang diletakkan pada sudut-sudut taman, sehingga nantinya jika terdapat sesuatu yang membahayakan bisa langsung terlihat. Sementara itu untuk pemasangan lampu untuk petunjuk arah, bisa ditempatkan pada samping-samping kolam ikan ataupun tangga agar nantinya akan terlihat jelas batas-batas tempat pijakan kaki.

Taman Rumah Mewah
Taman Rumah Mewah

Pemasangan lampu yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan keindahan dari tampilan taman dengan menampilkan salah satu element taman, bisa berupa jenis tanaman yang ada di dalam taman rumah anda atau ornamen tertentu yang ada pada aksesori taman, untuk fungsi ini Anda bisa memilih jenis lampu sorot dengan tone warna kuning dan difokuskan pada elemen taman yang ingin anda tampilkan .

Lampu taman akan terlihat indah saat malam hari tetapi tentu saja juga harus diperhatikan tampilannya saat di siang hari, salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pemilihan model armatur lampu atau rumah dari bohlam lampu tersebut, biasanya armatur lampu taman akan berbentuk bulat tetapi kali ini Anda bisa memilih jenis armatur lampu dengan desain yang lebih unik dan atraktif disesuaikan dengan konsep rumah Anda agar nantinya terkesan lebih serasi.

Desain Taman Gantung

Model Tanaman Gantung
Model Tanaman Gantung

Kreativitas dan juga keinginan untuk memiliki area hijau tidak akan terbatas karena kondisi lahan yang minim, meskipun di rumah Anda tidak terdapat lahan yang luas untuk menanam berbagai jenis tumbuhan sebenarnya Anda masih tetap bisa mewujudkan untuk memiliki taman dengan konsep taman gantung.

Model taman gantung sangat diminati oleh masyarakat perkotaan yang memang identik dengan lahan yang sempit. Untuk meletakkan tanaman tersebut Anda bisa memanfaatkan dinding ataupun pagar di rumah anda, Anda pun tidak harus menggunakan pot untuk menanam tumbuhan tersebut melainkan juga bisa memanfaatkan bekas botol minuman yang dikreasikan sebagai pengganti pot, selain lebih hemat cara ini juga bisa memberikan efek positif bagi alam sekitar karena Anda mampu memanfaatkan limbah plastik agar tetap memiliki nilai guna.

Taman gantung menjadi solusi yang paling efektif untuk membuat rumah anda tetap terlihat alami dan natural tanpa harus memiliki lahan kosong yang luas.

Kolam ikan hias

Taman Rumah Minimalis Dengan Kolam Ikan
Taman Rumah Minimalis Dengan Kolam Ikan

Salah satu elemen taman yang tak boleh dilupakan adalah kolam ikan hias, dengan elemen ini maka suasana natural di area taman anda akan jauh lebih terasa. Suara gemercik air dan juga indahnya warna-warni ikan yang ada di taman rumah minimalis anda akan semakin meningkatkan rasa nyaman saat berada di lokasi taman.

Untuk bisa membuat kolam ikan hias minimalis yang indah ada beberapa hal perlu diperhatikan.

  1. Tempatkan kolam pada posisi yang teduh dan mendapatkan sedikit sinar matahari, posisi kolam ini sangat penting untuk menjaga kondisi ikan dan juga warna air yang ada di dalam kolam ikan tersebut, sebab berada di bawah sinar matahari langsung akan membuat warna air pada kolam ikan agar cepat berubah.
  2. Pastikan kedalaman kolam ikan hias yang anda miliki sesuai dengan jenis ikan hias yang akan anda tempatkan di dalamnya, sebagai salah satu contoh jika Anda memilih untuk menggunakan ikan koi sebagai ikan hias maka pastikan bahwa kedalaman kolam ikan tersebut tak kurang dari 80 cm.
  3. Berikan asupan oksigen pada kolam ikan hias agar nantinya ikan hias yang ada di dalam kolam tetap bisa bertumbuh dengan dan sehat.

Tersebut diatas adalah informasi yang berkaitan dengan desain taman minimalis, area hijau yang bisa saja anda wujudkan baik di dalam ruangan ataupun di luar rumah.