Desain Taman Bambu Untuk Halaman Depan Dan Belakang Rumah

137 views

Pemandangan yang hijau dan asri memang salah satu nuansa yang paling banyak dirindukan oleh masyarakat saat ini, karena hampir semua tempat lebih banyak dipenuhi dengan bangunan-bangunan tak hanya untuk wilayah perkotaan saja tetapi juga sudah mulai masuk ke wilayah pedalaman. Krisis lahan hijau membuat semua orang merasa perlu untuk memiliki taman di rumah masing-masing meskipun rumah tersebut memiliki konsep minimalis yang rata-rata juga tidak memiliki lahan yang terlampau luas.

Taman yang indah tidak harus dipenuhi dengan tumbuhan warna-warni yang beraneka ragam melainkan juga bisa menggunakan salah satu jenis tanaman yang identik dengan kesan simpel dan perawatannya mudah yaitu bambu. Pembuatan Taman Bambu tidak terlalu sulit tetapi juga harus tetap memperhatikan beberapa hal untuk membuat taman tersebut terlihat indah, keindahan dari Taman Bambu membuat kita sadar bahwa untuk menghadirkan kesan yang hijau dan asri tidak harus selalu identik dengan tanaman-tanaman yang mahal.

Namun tanaman bambu yang digunakan untuk taman bukanlah jenis bambu yang biasanya digunakan untuk material bahan bangunan tetapi yang termasuk pada jenis tanaman hias, bahkan Taman Bambu ini tidak hanya bisa digunakan untuk menghijaukan area eksterior dari sebuah rumah melainkan juga bisa untuk meningkatkan kesan yang harmonis pada interior rumah.

Sama seperti tumbuhan lainnya ada beberapa jenis bambu yang tidak cocok untuk ditempatkan pada iklim tertentu, bambu hanya membutuhkan air dan juga sinar matahari yang cukup oleh karenanya dimanapun posisinya, tanaman bambu tersebut harus tetap tersinari oleh cahaya matahari yang maksimal.

Ada banyak sekali jenis tanaman bambu yang bisa dipilih untuk dijadikan tanaman hias mulai dari yang ukurannya kecil hingga yang dapat tumbuh memanjang vertikal. Berikut ini akan diinformasikan mengenai beberapa jenis tanaman bambu hias yang bisa anda pilih salah satunya untuk memperindah area taman anda

Bambu Kuning
Bambu yang juga dikenal sebagai bambu Panda atau yang memiliki nama Latin Bambusa Vulgaris ini banyak sekali dijumpai di Indonesia dan memang sangat mudah untuk dibudidayakan. Dinamakan dengan bambu kuning karena memang memiliki warna kuning pada batangnya.
Bambusa Vulgaris ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 5 sampai 10 meter meskipun demikian pertumbuhan bambu kuning yang pesat tidak akan memberikan kesan sempit pada taman anda karena diameter maksimalnya hanya mencapai 8 cm, warna kuning pada batang terlihat begitu kontras ketika bambu ini memiliki warna hijau pada bagian daunnya sehingga memang terlihat semakin indah.

Bambu Jepang
Bambu ini sebenarnya tidak hanya dikenal sebagai bambu Jepang sebab tanaman yang memiliki nama Latin Chimonobambusa Quadrangularis Ini juga ditemukan di negara China sehingga bambu ini juga dikenal sebagai bambu Jepang atau bambu cina. Karena memiliki daun yang sangat rimbun serta batang yang tidak terlalu dominan, bambu Jepang biasanya digunakan untuk melapisi pagar atau bahkan juga bisa dijadikan sebagai pagar alami. Bambu Jepang bahkan bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 10 meter, sehingga sangat cukup untuk meningkatkan kesan privasi pada rumah anda.

Bambu Thailand
Secara kasat mata Bambu Thailand ini tidak terlalu berbeda dengan tanaman bambu yang biasanya tumbuh di kebun atau hutan karena warna batangnya hijau, yang membedakan adalah ukuran dari bambu Thailand yang memang tidak terlalu besar sehingga masih terkesan minimalis.

Bambu Nagin
Tidak seperti Tanaman bambu yang lain, Bambu Nagin tidak akan tumbuh hingga puluhan meter tetapi perkembangannya akan terlihat pada batang dimana semakin besar bambu ini maka akan semakin mengembanglah batang tersebut, Bambu Nagin juga bisa dijadikan sebagai tanaman bonsai dengan cara memberikan pupuk yang lebih banyak dan mengurangi asupan air.

Bambu air
Tanaman bambu air sering digunakan untuk meningkatkan kesan yang indah dan natural pada tempat-tempat umum, bambu air tidak memiliki pertumbuhan yang begitu besar dan juga sangat simple sehingga cara penanamannya juga tidak sulit. Anda bahkan bisa menanam bambu air ini cukup di dalam pot saja. Sesuai dengan namanya bambu air juga membutuhkan air yang sangat melimpah agar membuatnya tumbuh subur.

Recent search terms:

  • bambu kuning untuk taman depan rumah
  • hiasan bambu kuning taman depan rumah minimalis

Leave a reply "Desain Taman Bambu Untuk Halaman Depan Dan Belakang Rumah"