10 Model Pagar Rumah Minimalis Berbahan Besi, Kayu Dan Batu Alam

Pagar Rumah Minimalis ~ Pagar adalah bagian yang paling penting dari sebuah rumah apa lagi untuk Anda yang berada di wilayah perkotaan, dengan adanya pagar maka suasana di dalam rumah jauh lebih aman sehingga Anda tidak akan merasa was-was saat malam tiba.

Selain berfungsi untuk melindungi isi rumah dari gangguan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, pagar juga bisa difungsikan sebagai bangunan untuk memperindah sebuah rumah, ada beberapa tipe pagar yang bisa anda pilih salah satunya untuk disesuaikan dengan selera ataupun disesuaikan dengan konsep bangunan rumah yang ada tempati.

Model pagar yang bagus akan mempengaruhi tampilan fasad rumah menjadi lebih unik sehingga juga bisa dijadikan ciri khas rumah anda, disamping itu pagar rumah juga akan melindungi putra dan putri Anda saat bermain. Memang ada perbedaan yang cukup terlihat berkaitan dengan motivasi seseorang membuat pagar rumah, bagi mereka yang hanya ingin menampilkan kesan estetis pada tampilan fasad rumahnya, tidak perlu menggunakan pagar yang terlalu tinggi, sementara itu untuk mereka yang benar-benar ingin mendapatkan rasa aman maka pagar yang tinggi dan berbahan kuat biasanya akan lebih diutamakan.

Cat Pagar Warna Putih Model Pagar Sliding Rumah Minimalis Pagar Besi Model Dorong Sliding Kuat Pagar Minimalis Bahan Besi

Dengan adanya pagar, privasi dari keluarga anda juga akan lebih terjaga dan hal ini biasanya juga akan mempengaruhi model dari pagar rumah minimalis yang ada di rumah tersebut, yaitu susunannya yang lebih rapat. Untuk rumah minimalis yang umumnya tidak memiliki lahan yang terlalu luas pagar dengan ketinggian sedang memang lebih banyak dipilih agar rumah tidak terlihat seperti di dalam kotak, namun demikian bukan berarti pagar yang tidak terlalu tinggi menjadi kehilangan fungsinya yaitu untuk mengamankan isi rumah, karena meskipun pagar yang anda buat tersebut tidak terlalu tinggi setidaknya sudah cukup menjadikan oknum-oknum tertentu yang ingin berbuat tidak bertanggung jawab akan merasa enggan untuk melangkahi pagar tersebut.

Ada beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat pagar minimalis diantaranya adalah kayu yang memang saat ini banyak diminati oleh masyarakat perkotaan karena terkesan lebih natural, bagi mereka yang hidup di perkotaan sudah merasa sedikit bosan dengan segala sesuatu yang dibangun dengan bahan cor ataupun besi sehingga lebih memilih untuk menggunakan kayu tetapi, tapi ada hal yang perlu dijadikan bahan pertimbangan, yaitu ketahanan dari kayu karena material kayu akan lebih cepat lapuk, apalagi pagar rumah identik dengan cuaca yang ekstrim yaitu panas dan dingin.

Bahan lain yang bisa anda gunakan adalah aluminium, bahan ini tergolong ringan, tahan lama dan juga tidak mudah rusak tetapi dari segi estetika memang kurang begitu indah dan tidak memiliki nilai seni.
Selain memikirkan mengenai bahan pagar yang akan anda gunakan selanjutnya anda perlu mempertimbangkan mengenai sistem bukaan dari pagar tersebut, misalnya saja dengan sistem sliding, ayun ataupun kombinasi dari kedua sistem bukaan tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, pagar rumah minimalis yang menggunakan sistem bukaan sliding atau geser memang terasa lebih ringkas dan tidak membutuhkan space tambahan, sehingga sistem sliding ini banyak diterapkan pada pagar rumah minimalis di perkotaan yang minim lahan kosong.
Sementara itu untuk model swing ataupun ayun memang masih membutuhkan space kosong dan kurang ringkas tetapi keuntungannya adalah model bukaan ini sangat mudah dioperasikan dan pembuatannya juga tidak membutuhkan banyak alat tambahan sehingga lebih ekonomis.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai ragam jenis material yang biasa digunakan untuk membuat pagar minimalis, berikut ini akan diinformasikan beberapa material yang bisa anda gunakan untuk membuat pagar rumah minimalis agar nantinya tampilan pagar di rumah Anda terlihat lebih cantik.

Model Pagar Besi Minimalis

Model Pagar Besi Dorong

Besi adalah material pagar yang paling kuat, tidak mudah terbakar dan juga mudah untuk dibentuk, material besi juga mudah didapatkan dari sehingga mempengaruhi harga besi yang terbilang ekonomis untuk dijadikan material pada pagar rumah. Pada prakteknya besi digunakan untuk pagar dalam model teralis sehingga terlihat lebih menarik dan juga memperindah tampilan fasad rumah. Besi juga tergolong cukup fleksibel sehingga bisa digunakan untuk jenis agar yang tinggi maupun rendah.

Pagar Rumah Berbahan Dasar Kayu

Pagar Kayu Minimalis
Pagar Kayu Minimalis

Material kayu untuk bahan pagar rumah memang terlihat lebih menarik namun demikian harga kayu memang tergolong cukup mahal, apalagi jika anda memilih jenis kayu yang berkualitas, dengan tujuan agar ketahanan pagar rumah berbahan kayu bisa lebih tahan lama, maka bisa dipastikan harganya akan melambung tinggi, sebab jika anda hanya menggunakan jenis kayu dengan kualitas biasa yang memang harganya lebih murah, maka kayu tersebut akan lebih cepat rusak karena dimakan oleh rayap.

Perawatan ekstra untuk pagar yang berbahan kayu juga sangat diperlukan mulai dari pengecatan dan memberikan bahan kimia anti rayap, kayu juga lebih sering memuai ketika terlalu lama terkena panas sehingga bisa membuat susunan pagar rumah yang terbuat dari material kayu akan mengalami perubahan.

Pagar Rumah Dari Bahan Bambu

Dinding Pagar Bambu
Dinding Pagar Bambu

Material yang satu ini bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin menampilkan kesan alami dan natural tetapi tidak bisa mendapatkan jenis kayu yang tepat, karena bambu dijual dengan harga yang lebih ekonomis dan juga lebih mudah untuk didapatkan sehingga bisa anda jadikan pilihan untuk menampilkan kesan tradisional tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam.

Ada beberapa tipe bambu yang biasa digunakan untuk material pagar rumah minimalis di antaranya adalah bambu kuning dan juga bambu hijau. Dari segi ketahanan, bambu hijau memang kurang begitu kuat dibandingkan dengan bambu kuning, tetapi bambu hijau lebih mudah didapatkan dan harganya lebih murah

Untuk informasi tambahan bahwa bambu masih tetap terbilang ringkih yakni mudah lapuk dan keropos sehingga dalam satu kali setahun Anda harus menyediakan dana untuk mengantisipasi penggantian bambu yang baru agar tampilan pagar di rumah anda tetap terlihat bagus.

Model Pagar Berbahan Batu alam

Pagar Rumah Bahan Batu Alam
Pagar Rumah Bahan Batu Alam

Jika sebelumnya Anda bisa menampilkan kesan yang natural dengan menggunakan bambu ataupun kayu sebagai material pagar rumah minimalis, maka selanjutnya anda juga bisa mencoba menggunakan material batu alam sebagai bahan pembuat pagar di rumah anda.

Perbedaannya adalah, Anda hanya bisa menggunakan bambu ataupun kayu di rumah minimalis dengan konsep tradisional tetapi kurang pas jika digunakan untuk material pagar yang mana didalamnya terdapat rumah dengan konsep modern, berbeda halnya dengan ketika anda menggunakan batu alam yang bisa digunakan untuk segala jenis model ataupun konsep rumah minimalis, baik konsep tradisional ataupun modern.

Kombinasi Pagar Kayu Dan Batu Alam
Kombinasi Pagar Kayu Dan Batu Alam

Harga batu alam yang cenderung tinggi menjadikan pagar dengan material batu alam terlihat lebih istimewa, disamping itu batu alam juga lebih kokoh sehingga tidak perlu melakukan perawatan yang terlalu sulit, termasuk juga Anda bisa menghemat anggaran untuk pembelian cat karena batu alam akan memancarkan warna alaminya sendiri tanpa harus dicat, dari tahun ke tahun pagar yang menggunakan material batu alam juga tetap terlihat kokoh sehingga untuk maintenancenya akan lebih mudah dan murah.

Sebagai satu anjuran, jika anda berkehendak untuk membuat pagar rumah minimalis dengan material batu alam maka pilihan jenis batu alam yang memiliki pori-pori kecil, salah satu contohnya adalah batu Andesit. Karena batu yang memiliki pori-pori kecil akan lebih mudah perawatannya, sebab tidak akan muncul jamur ataupun lumut. Sebaliknya jenis batu alam yang memiliki jumlah pori-pori melimpah dan besar, akan lebih banyak menyimpan air misalnya saja air hujan yang itu artinya akan mengundang banyak jamur dan lumut, sehingga perlu tenaga ekstra untuk membersihkan pagar rumah anda.