Konsep Desain Taman Minimalis Bergaya Tropis Dan Mediterania

Taman memiliki pengaruh yang sangat besar untuk memberikan suasana yang sejuk dan teduh di halaman rumah. Posisi taman yang selama ini identik berada di depan rumah sebenarnya juga bisa diletakkan pada samping rumah dan juga halaman belakang.

Posisi taman yang berbeda ini akan memberikan fungsi yang berbeda pula. Taman yang diposisikan pada bagian depan rumah akan memberikan kesan yang sejuk dan memperindah tampilan fasad rumah dan sifatnya hanya sebagai hiasan, tidak banyak kegiatan yang dilakukan pada area taman depan rumah. Sementara itu untuk taman yang diletakkan disamping rumah biasanya akan digabungkan dengan ruangan tertentu di dalam rumah untuk bisa menghadirkan konsep alam terbuka atau natural. Misalnya saja untuk memberikan view yang lebih lega pada ruang makan atau dapur.

  Taman Minimalis

Kemudian untuk taman belakang rumah sering digunakan untuk taman bermain anak dan juga bersantai bersama keluarga. Jika anda ingin memiliki rumah yang asri dan sejuk maka jangan pernah melewatkan kesempatan untuk memanfaatkan area kosong sebagai taman. Sebab untuk membuat area hijau ini tidak harus selalu bergantung pada area yang luas saja, karena kini anda juga bisa menerapkan konsep taman gantung yang menjadikan dinding sebagai tempat untuk menanam tanaman bunga.

Tidak hanya desain rumah yang harus memiliki konsep yang jelas tetapi juga area taman, salah satu konsep yang bisa anda terapkan adalah mediterania yang sangat sesuai untuk rumah yang berada di kawasan tropis seperti Indonesia. Membangun taman berkonsep mediterania tidaklah sulit, yang perlu anda siapkan adalah jenis tumbuhan yang tidak terlalu membutuhkan air sehingga tidak perlu meluangkan waktu setiap hari untuk menyiraminya. Misalnya saja memilih jenis tanaman dari keluarga kaktus.

Desain Taman Depan Rumah

Selain memperhatikan jenis tanaman yang akan dipilih, aksesori tambahan seperti batuan alami juga diperlukan sebagai elemen taman yang tak boleh dilupakan. Faktor pencahayaan di malam hari juga harus dipikirkan sejak awal, agar nantinya tampilan taman yang indah dan asri tidak hanya bisa dinikmati saat siang hari saja, melainkan juga di malam hari.

Jangan lupa untuk menyertakan beberapa furnitur seperti meja dan kursi, disamping itu anda juga bisa membangun gazebo berukuran minimalis untuk dijadikan sebagai tempat berteduh. Posisi gazebo untuk taman minimalis bisa diletakkan didekat pagar rumah agar tidak memakan space terlalu banyak. Meskipun taman yang menggunakan konsep mediterania cenderung tidak membutuhkan banyak air, tetapi setidaknya 3 kali seminggu anda harus menyempatkan diri untuk bisa menyirami tanaman yang ada di dalam taman minimalis anda.

Taman Minimalis Mediterania

Demikian adalah informasi yang berhubungan dengan desain taman rumah minimalis bergaya tropis, semoga bermanfaat.