Desain Rumah Minimalis

144 views

Desain Rumah Minimalis
Rumah minimalis yang banyak diidamkan oleh masyarakat saat ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai alternatif untuk membangun rumah meskipun memiliki lahan yang sempit, namun juga bisa diterapkan untuk merancang rumah berdesain simple walaupun memiliki area yang luas.
Sebab memang minimalis adalah sebuah konsep dan bisa diterapkan untuk semua ukuran lahan yang tersedia, membangun rumah minimalis memang menjadi semakin menyenangkan dan lebih mudah karena sudah banyak contoh-contoh gambar desain rumah minimalis yang bisa dengan mudah ditemukan di internet.
Untuk bisa mendapatkan rumah minimalis ini anda bisa langsung membelinya di agen properti, namun bisa juga dengan cara membangunnya secara mandiri. Antara kedua pilihan ini memang memiliki sisi positif dan negatif masing-masing. Untuk mendapatkan rumah minimalis secara instant tanpa harus menunggu proses pengerjaan maka membeli rumah minimalis melalui agen properti akan lebih dianjurkan.
Tetapi di sisi lain, rumah-rumah minimalis yang ada di kompleks perumahan rata-rata dibangun dari material yang kurang baik, sehingga hanya dalam jangka waktu sebentar saja, rumah tersebut akan mengalami kerusakan dan tentu saja hal tersebut mengharuskan anda untuk mengeluarkan budget lebih banyak untuk biaya renovasi. Selain itu, rumah-rumah yang ada di kompleks perumahan memiliki jarak yang sangat dekat antara satu rumah dan lainnya, sehingga seringkali menimbulkan suara bising jika tetangga anda sedang memiliki kegiatan tertentu. Efek lain yang ditimbulkan saat berada di perumahan adalah udara yang panas sebab minim lahan hijau.
Sementara itu jika anda memilih untuk membangun rumah minimalis secara mandiri, maka anda bisa mempertimbangkan sendiri mengenai material-material yang akan digunakan, dan tentu saja akan memilih jenis material yang terbaik mengingat bahwa nantinya rumah tersebut akan digunakan dalam jangka waktu yang lama bahkan untuk anak-anak anda kelak.
Meskipun nantinya anda harus sedikit bersabar menunggu proses pengerjaan rumah selesai, namun tentunya ada banyak keuntungan yang bisa anda peroleh dari keputusan ini. diantaranya adalah, desain rumah minimalis yang anda miliki tentu saja akan jauh lebih berkarakter, serta berbeda dengan rumah-rumah minimalis lainnya. Sangat berbeda jika anda memiliki rumah minimalis dari salah satu koleksi rumah di area kompleks perumahan yang pastinya memiliki desain, model dan juga warna cat yang sama.
Untuk diketahui bahwa ada beberapa tipe rumah minimalis yang mungkin salah satunya sangat sesuai untuk anda, dan akan dibahas pada uraian berikut ini.
Rumah minimalis type 36
Ukuran rumah minimalis type 36 ini memang tidak terlalu besar sehingga harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal oleh karenanya rumah ini banyak dicari oleh mereka yang baru saja menikah karena belum memiliki banyak anggota keluarga. Sesuai dengan angka yang tertera yaitu tipe 36, rumah ini juga memiliki lahan yang luasnya selebar 30 meter persegi dengan rincian adalah 6 meter pada panjang dan 5 meter pada lebar.
Untuk ukuran tersebut Anda masih bisa mendapatkan fasilitas yang lengkap mulai dari adanya carport, ruang tamu, 1 kamar tidur, dapur dan juga halaman belakang untuk menjemur pakaian.
Rumah minimalis type 45
Sedikit lebih luas dibandingkan tipe sebelumnya rumah ini memiliki ukuran lebar 45 meter persegi, dengan tambahan luas yang cukup tersebut maka nantinya interior dari rumah minimalis type 45 memang terasa sedikit lebih lega dan lebih ideal untuk dijadikan sebagai hunian, bahkan rumah minimalis type 45 jika dibangun menjadi dua lantai akan terlihat lebih mewah dan juga terkesan mahal sehingga rumah minimalis tipe 45 sering dijadikan pilihan bagi siapa saja yang nantinya ingin membangun rumah tersebut menjadi dua lantai.
Rumah minimalis type 54
Tipe rumah minimalis yang satu ini memang sudah cukup besar meskipun belum yang paling besar tetapi sudah sangat baik jika dikembangkan menjadi rumah mewah.
Masing-masing tipe rumah minimalis tersebut di atas tertentu membutuhkan sentuhan desain yang berbeda, jika rumah minimalis yang anda miliki termasuk dalam kategori tipe yang cukup luas maka permasalahan yang harus anda pikirkan hanyalah mengenai tata cara memperindah desain interior maupun eksterior dari rumah tersebut, sangat berbeda halnya jika anda memiliki rumah minimalis dengan tipe yang paling sempit maka sudah pasti Anda harus berusaha semaksimal mungkin agar rumah tersebut tetap memiliki fungsi yang maksimal namun terlihat tetap rapi.
Setelah mengetahui pertimbangan-pertimbangan saat ingin memiliki rumah minimalis apakah dengan cara membeli 1 unit rumah di kompleks perumahan ataupun membangun rumah tersebut dari nol, maka selanjutnya kita bisa membahas masalah lain terkait dengan desain rumah minimalis secara lebih detail.
• Warna cat rumah minimalis
Pemilihan warna cat yang tepat akan memberikan kesan yang lebih menarik dari setiap jenis bangunan, rumah minimalis lebih identik pada hal-hal yang sifatnya simple sehingga pemilihan cat dengan tampilan yang simple juga jauh lebih direkomendasikan.
Warna cat dari masing-masing ruangan pada rumah minimalis hendaknya juga dibedakan sesuai dengan fungsinya, apalagi rumah berkonsep minimalis identik dengan warna-warna yang color full dan juga unik.
Perbedaan pemilihan warna dari masing-masing ruangan pada rumah minimalis juga bertujuan untuk dijadikan pembeda antara ruang satu dan lainnya, sebab rumah minimalis cenderung mendesain tata ruangnya dengan model terbuka sehingga batas antara ruangan-ruangan yang ada biasanya akan diupayakan dengan cara memasang partisi portable atau cukup dengan membedakan warna cat dinding yang digunakan.
• Furniture rumah minimalis
Karena memang menggunakan konsep minimalis maka tentunya, jenis-jenis perabotan yang ada dalam rumah tersebut harus mencerminkan kesan minimalis, yakni perabotan yang memiliki desain simple serta fungsi yang lebih dari satu.
Sebagai salah satu contohnya adalah ketika anda memilih untuk menggunakan aksesori maka hendaknya aksesori tersebut juga memiliki fungsi lain yang berkaitan dengan fasilitas di dalam satu ruangan tertentu. Seperti lampu yang fungsi utamanya adalah untuk menerangi ruangan, juga bisa dijadikan sebagai aksesori jika anda memilih jenis lampu yang memiliki desain yang indah dan menarik.
Contoh lainnya adalah saat memilih partisi ruangan, yang sebenarnya anda juga bisa menggunakan partisi minimalis namun tentu saja model tersebut kurang memiliki fungsi yang optimal, berbeda halnya jika anda menggunakan rak minimalis yang nantinya sekaligus bisa anda gunakan sebagai partisi ruangan.
Umumnya pemanfaatan rak minimalis tersebut akan ditempatkan pada ruangan antara ruang tamu dan ruang keluarga. Hal yang paling penting untuk dicermati adalah, bahwa konsep minimalis akan selalu memanfaatkan space kecil sekalipun untuk bisa memiliki fungsi tertentu.
Disamping itu, rumah minimalis modern saat ini juga identik dengan kaca transparan, dimana untuk beberapa bagian sisinya akan ditempatkan kaca berukuran besar dengan harapan agar nantinya setiap ruangan yang ada dalam rumah minimalis terlihat lebih lega.