Desain Interior Ruang Keluarga Menyatu Dapur Dan Ruang Makan


Ruang keluarga adalah salah satu ruangan yang memang sebenarnya fungsinya bisa digabungkan dengan ruang tamu, karena kedua tipe ruangan ini memiliki dekorasi maupun perabotan yang cenderung sama, meskipun sebenarnya ada beberapa sisi tertentu yang membuat kedua ruangan ini terasa berbeda, hanya saja bagi seseorang yang memiliki rumah minimalis dengan ukuran yang tidak terlalu luas akan lebih memilih menggabungkan dua fungsi ruangan tersebut yakni ruang keluarga dan ruang tamu dalam satu area, sebab dengan cara tersebut space ruangan menjadi lebih hemat dan selain itu juga tidak memungkinkan jika rumah tersebut memiliki ruang keluarga sendiri ataupun ruang tamu sendiri.


Meskipun memiliki fungsi yang sama tetapi pada akhirnya ruangan tersebut lebih ditonjolkan untuk menjadi ruang tamu yakni dengan memberikan sentuhan yang sedikit lebih formal, hal ini tentu saja akan sedikit berbeda jika anda memiliki ruang keluarga sendiri dimana nantinya di ruang keluarga tersebut anda lebih bebas dalam mengekspresikan keinginan Anda maupun anggota keluarga yang lain.

Misalnya saja dengan meletakkan beberapa koleksi foto pribadi untuk memberikan kesan yang lebih hangat dan kekeluargaan, umumnya penggabungan dua fungsi ruangan dalam satu area ini akan diterapkan pada rumah minimalis type 21, tipe 36 maupun type 45. Sementara itu untuk rumah minimalis type di atasnya atau yang ukurannya jauh lebih besar sudah bisa memanfaatkan penempatan ruang tamu dan ruang keluarga secara terpisah.
Berikut ini akan kita bahas secara lebih detail mengenai dekorasi interior dari ruang keluarga.

Pentingnya Ruang Keluarga
Fungsi utama ruang keluarga adalah untuk menyatukan anggota keluarga yang setelah satu hari penuh berada di luar rumah, tentu saja dengan kesempatan berkumpul ini bisa merekatkan kembali hubungan antara anggota keluarga yang lainnya. Jika anda memiliki ruang keluarga tersendiri atau terpisah dari ruang tamu maka anda juga bisa menempatkan beberapa peralatan elektronik yang sifatnya menghibur seperti game console, televisi maupun DVD player.


Tentu saja hal ini merupakan satu keuntungan dan kelebihan jika anda memiliki ruang keluarga sendiri. Berkaitan dengan hal tersebut umumnya ruang keluarga diposisikan tepat berdampingan dengan dapur atau ruang makan dengan harapan agar saat berkumpul bersama keluarga, Anda tidak akan terlalu jauh jika ingin mengambil makanan ataupun minuman.

Warna cat interior ruang keluarga
Untuk memberikan kesan yang indah maka setiap ruangan harus memiliki unsur warna tertentu dan nantinya bisa disesuaikan dengan fungsi dari ruangan tersebut. Ruang keluarga hendaknya memiliki suasana yang ceria tetapi juga bisa menghadirkan kesan yang penuh kehangatan, jika anda tidak memiliki inspirasi untuk memilih warna cat yang akan diaplikasikan pada ruang keluarga maka anda juga bisa mengambil saran dari anggota keluarga yang lain sebab nantinya mereka juga akan ikut menikmati ruangan tersebut.

Anda bisa menggunakan warna-warna yang cenderung lembut seperti warna coklat, krem, abu-abu, putih dan beberapa sentuhan warna aksen yang berkesan ceria serta kontras seperti warna merah, kuning, hijau, maupun oranye.

Kombinasi warna pada ruang keluarga tetap diperlukan agar tidak memberikan kesan yang terlalu monoton dan nantinya Anda bisa memanfaatkan beberapa sisi dari ruangan tersebut yakni warna cat dinding maupun warna cat pada plafon, dengan perbedaan warna antara kedua sisi ini akan memberikan kesan yang lebih berwarna dan juga atraktif.

Furniture ruang keluarga
Furniture atau perabotan yang akan ditempatkan pada ruang keluarga sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan perabotan yang akan ditempatkan pada ruang tamu yakni keberadaan kursi dan juga meja yang sudah pasti harus disediakan di ruang keluarga, perbedaannya adalah ketika di ruang keluarga anda bisa menambahkan beberapa perabotan yang lainnya seperti rak buku untuk meletakkan koleksi majalah ataupun buku bacaan dari masing-masing anggota keluarga, televisi, pemutar musik beberapa lukisan, dan bahkan Anda juga bisa menyulap ruang keluarga anda menjadi mini galeri lukisan ataupun galeri foto keluarga anda, hal ini kurang sesuai jika diterapkan pada ruang tamu tetapi tidak demikian jika anda menerapkan di ruang keluarga. Karena di ruang keluarga ini anda akan lebih bebas dalam menentukan desain maupun aksesoris yang akan anda tempatkan di dalamnya.

Selain penempatan kursi maupun meja Anda juga perlu menggunakan rak TV minimalis untuk mendapatkan tamabahan media storage yang bisa anda gunakan untuk meletakkan beberapa perangkat, aksesoris dan lain sebagainya.

Meskipun mungkin anda sudah menggunakan TV LED yang tentu saja sudah cukup jika hanya digantungkan pada dinding tetapi hal ini akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk bisa mendapatkan tambahan media storage sebab saat ini rak TV minimalis juga sudah memiliki model yang menarik sehingga secara tidak langsung juga akan berperan sebagai aksesoris ruangan.

Karpet juga sangat diperlukan untuk ruang keluarga sebab nantinya anggota keluarga tetap bisa melakukan aktivitas di lantai tanpa harus merasa dingin, di samping itu karpet juga berfungsi untuk dijadikan sebagai pemanis ruangan. Karpet untuk ruang keluarga bisa dipilih dengan model yang lebih menarik dan juga unik sehingga anda tidak harus selalu menghadirkan karpet yang polos.

Pencahayaan
Hampir sama dengan ruang tamu, sistem pencahayaan yang ada di ruang keluarga hendaknya juga dimaksimalkan namun demikian juga harus disesuaikan dengan ukuran dari ruang keluarga tersebut sebab ada kalanya seseorang tidak memiliki ukuran ruangan yang terlalu lega, pencahayaan untuk ruang keluarga bisa menggunakan beberapa metode yang pertama adalah dengan memanfaatkan lampu gantung yang umumnya juga merupakan jenis lampu hias di mana dengan menempatkan lampu ini tidak hanya akan membuat ruangan keluarga anda mendapatkan supply cahaya saja tetapi juga bisa memperindah dekorasi interior dari ruangan tersebut.

Selain bisa menggunakan lampu gantung Anda juga bisa memanfaatkan lampu yang terpasang dengan model indirect lighting dalam jumlah yang banyak sehingga pencahayaan terasa lebih merata tetapi tidak membuat ruangan terkesan panas, pemasangan model lampu yang demikian ini sangat sesuai untuk jenis ruang keluarga yang ukurannya tidak terlalu besar.

Selain bisa mengutamakan keberadaan dari lampu listrik untuk faktor pencahayaan ini ada juga bisa memanfaatkan cahaya matahari dengan memanfaatkan jendela kaca transparan, bahkan Anda pun bisa mengkolaborasikan antara ruang keluarga dengan konsep indoor dan outdoor sehingga nantinya area ruang keluarga ini akan terasa lebih luas.

Disamping itu juga akan terlihat lebih natural karena pastinya untuk area outdoor akan diisi dengan beberapa jenis tumbuhan. Dengan memanfaatkan dua metode pencahayaan ini maka ruang keluarga tidak hanya akan terlihat selalu terang melainkan juga akan terus mendapatkan suplai udara segar setiap harinya.

Demikian adalah informasi yang berkaitan tentang dekorasi interior dari ruang keluarga, semoga informasi ini dapat membantu anda untuk bisa menentukan tema maupun konsep yang akan anda terapkan pada ruang keluarga di rumah Anda.