Dapur rumah minimalis


Dapur rumah minimalis
Berkaitan dengan konsep minimalis maka sudah pasti ruangan tersebut tidak terlalu besar sehingga membutuhkan konsep yang jelas agar nantinya dapur memiliki fungsi yang maksimal serta tampilan yang selalu rapi. Namun memang membuat yang ukurannya sempit bisa tampak selalu rapi bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi ruangan tersebut memiliki beragam jenis perabotan yang tentu saja harus selalu tersedia di dapur, agar nantinya sewaktu-waktu diperlukan bisa lebih mudah untuk dijangkau.
Salah satu cara membuat area dapur terlihat lebih rapi adalah dengan memanajemen pengisian perabotan yang ada di dapur sehingga beberapa jenis barang yang sifatnya sudah tidak terlalu penting bisa disingkirkan terlebih dahulu dengan demikian secara otomatis space yang ada di dapur menjadi tersedia dalam jumlah yang lebih banyak dan bisa dimanfaatkan untuk meletakkan benda-benda lain yang jauh lebih bermanfaat.
Berikut ini akan disajikan tips mengenai cara menyiasati dapur sempit agar tetap terlihat rapi.
• Menyingkirkan home appliance yang sudah rusak
Berkaitan dengan kegiatan memasak yang memang sangat bergantung pada beberapa perabotan dan umumnya memiliki ukuran yang cukup besar bisa jadi beberapa home appliance tersebut sudah mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan maksimal. Beberapa orang membiarkan home appliance yang sudah rusak tetap berada di tempatnya padahal keputusan tersebut dirasa kurang tepat, sebab hanya akan memakan ruang yang tentu saja memberikan kesan sesak pada area dapur serta terlihat berantakan. Oleh sebab itu anda bisa menyingkirkan terlebih dahulu perabotan dapur yang sudah rusak atau mulai tidak berfungsi ke tempat lain agar dapur terlihat lebih rapi.
• Mengganti spons yang sudah usang
Spons biasanya digunakan untuk mencuci piring, meskipun keberadaan spons sifatnya tidak terlalu dominan, tetapi spons yang rusak dan sudah berubah warna cukup mengganggu penampilan interior dari dapur minimalis Anda sehingga terkesan kurang bersih dan rapi oleh karena itu gantilah spons secara rutin agar dapur anda tetap terlihat indah dan tentu juga akan berpengaruh pada tingkat kebersihan dapur.
• Membuang makanan atau minuman expired
Ada kalanya salah satu dari anggota keluarga menyimpan beberapa jenis makanan atau minuman yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi, membuang makanan dan minuman expired jauh lebih dianjurkan ketimbang hanya meletakkannya di lemari ES ataupun sudut-sudut dapur, karena selain bisa membahayakan anggota keluarga lain juga akan membuat tampilan dapur menjadi berantakan.
• Menata kantong plastik
Biasanya saat belanja Anda akan mendapatkan beberapa kantong plastik sebagai wadah belanjaan dan penataan kantong plastik ini harus dilakukan dengan baik dan benar agar tidak menumpuk pada salah satu sudut dapur sehingga terlihat kurang rapi, meskipun hal ini terlihat sepele tetapi akan memberikan dampak yang positif jika anda bisa mengatur plastik-plastik tersebut dengan lebih rapi agar nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.
Warna cat dapur minimalis
Tidak bisa dipungkiri bahwa nuansa atau kesan dari sebuah ruangan sangat bergantung pada warna-warna yang ada di dalamnya tidak terkecuali juga area dapur yang selama ini hanya berkaitan dengan kegiatan memasak. Dapur yang ada di rumah modern dengan konsep minimalis saat ini sudah jauh lebih rapi dan tidak lagi terkesan berantakan dan kotor sehingga pemilihan warna bisa lebih disesuaikan dengan selera dari masing-masing pemilik rumah.
Beberapa warna yang sering diaplikasikan pada dapur adalah warna merah, putih, hijau, kuning dan saat ini ada juga beberapa orang yang tertarik untuk menggunakan warna hitam pada area dapur. Warna yang cenderung gelap tersebut memang kurang begitu populer di Indonesia karena tidak banyak digunakan untuk mewarnai interior ruangan tetapi bagi Anda yang menginginkan nuansa area dapur yang lebih berkarakter dan anti mainstream boleh juga untuk menerapkan warna hitam pada area dapur.
Selain akan memberikan kesan yang lebih spesial, warna hitam juga akan membantu anda untuk tidak terlalu repot membersihkan noda ataupun kotoran yang ada di dapur sebab warna hitam akan menutupi noda-noda tersebut sehingga tidak mudah terlihat.
Mengingat bahwa dapur minimalis yang tidak terlalu luas, dan biasanya sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan warna hitam maka pengaplikasian cat warna hitam pada area dapur minimalis harus dipikirkan dengan lebih detail, nuansa warna hitam tidak harus selalu menduduki jumlah yang dominan pada kombinasi warna interior dapur Anda melainkan juga bisa dijadikan sebagai aksen tambahan saja. Misalnya saja dengan memilih beberapa perabotan dapur yang memiliki warna hitam, termasuk juga bisa diterapkan pada lantai yakni dengan menggunakan keramik warna hitam. Dengan cara tersebut secara tidak langsung dapur anda akan menghasilkan nuansa warna hitam tanpa memberikan kesan yang sempit dan pengap.
Warna Hitam juga bisa dikombinasikan dengan warna putih sehingga nuansa warna hitam putih pada area dapur akan terlihat rapi, simple dan juga tidak menyilaukan mata, agar bisa memberikan kesan yang lapang maka anda bisa menerapkan jendela kaca dalam ukuran yang cukup besar ataupun bahkan bisa menggunakan konsep Open kitchen sehingga nuansa warna hitam tersebut akan berpadu dengan warna hijau dari area outdoor yang berasal dari tanaman yang ada di samping luar rumah.
Mengingat bahwa warna hitam adalah warna yang memberikan aura gelap pada sebuah ruangan, maka tentu dibutuhkan jenis pencahayaan yang lebih maksimal terutama saat malam hari agar nantinya anda tetap bisa beraktivitas dengan baik di area dapur. Selain warna putih Anda juga masih bisa menggunakan warna-warna lain sebagai kombinasi seperti abu-abu, coklat terang, oranye dan hijau. Kombinasi-kombinasi warna tersebut hendaknya diaplikasikan dalam jumlah tepat dan sesuai dengan ukuran dapur minimalis anda. Jika memang dapur anda memiliki area yang luas maka warna hitam bisa diterapkan dalam prosentase yang cukup besar namun sebaliknya jika dapur minimalis sangat sempit maka warna hitam hanya bersifat sebagai aksen saja.
Salah satu bagian yang tak terpisahkan dari area dapur adalah sink yang biasanya digunakan untuk mencuci piring, buah-buahan, sayur dan lain sebagainya. Area tersebut memang menjadi area yang paling sering terkena air sehingga kadangkala akan mengakibatkan dapur mengalami kelembaban yang lebih tinggi dan bisa mengundang bakteri masuk ke area dapur, yang tentu saja ini berdampak pada tingkat kesehatan anda dan keluarga.
Untuk itu Anda harus selalu menjaga area sink agar tetap bersih dengan cara selalu mengeringkan area mencuci piring dengan menggunakan kanebo atau lap, serta memanfaatkan cairan antiseptik ataupun air hangat untuk mengelap area tersebut agar nantinya bakteri tidak bisa berkembang biak. Termasuk juga pada bagian keran yang selalu bersentuhan dengan tangan kotor, juga harus selalu dibersihkan dengan menggunakan cairan antiseptik ataupun sabun.
Dengan demikian nantinya dapur anda tidak hanya akan terlihat bagus dan indah saja melainkan juga akan tetap terjaga kebersihannya sebab bakteri tidak akan mampu bertahan hidup di area yang bersih dan kering.