Keunggulan Dan Kekurangan Bentuk Atap Baja Ringan Minimalis

138 views

Atap Baja Ringan ~ Dewasa ini pembangunan memang semakin digalakkan, tentu saja ini merupakan akibat dari pertambahan penduduk yang terus meningkat di setiap tahunnya. Untuk bisa mendapatkan tambahan bangunan permanen yang lebih cepat dan dalam jumlah yang mencukupi maka diperlukanlah beberapa element bangunan yang inovatif, salah satunya adalah atap baja ringan.

Baja merupakan salah satu material yang terkenal kuat dan memiliki bobot yang lumayan berat, sehingga dimasa lalu tidak akan terpikirkan oleh siapapun untuk menggunakan material ini guna dijadikan atap, sebab tentu saja akan sangat memberatkan pondasi rumah. Namun berkat adanya inovasi yang lebih mutakhir kini baja bisa dijadikan sebagai atap tanpa haru memberikan beban yang terlalu berlebihan pada pondasi rumah.

Disamping itu atap baja ringan juga lebih cepat dalam instalasinya, sehingga hanya diperlukan beberapa hari saja untuk memiliki kerangka atap yang kuat dan kokoh, tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan dalam hal pembangunan rumah. Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan atap baja ringan ini, maka akan lebih baik jika anda juga mengetahui hal positif maupun negatif dari atap baja ringan berikut ini.

Bentuk Atap Baja Ringan

Kelebihan atap baja ringan
• Instalasi yang mudah dan cepat sehingga akan lebih menghemat waktu, tenaga dan juga biaya.
• Bebas dari efek terbakar, oleh sebab itu rumah yang menggunakan atap baja ringan minim risiko terbakar.
• Tidak disukai rayap sehingga lebih tahan lama.
• Bobot yang ringan yang akan mempengaruhi struktur bangunan menjadi tidak terlalu terbebani sehingga tidak dibutuhkan struktur bangunan yang terlalu kuat.
• Atap baja ringan tidak bisa memuai ataupun menyusut sehingga dalam jangka waktu lama tidak akan terjadi perubahan struktur atap.
Kekurangan atap baja ringan
• Tampilan interior dari rumah yang menggunakan atap baja ringan memang menjadi kurang rapi sehingga diperlukan plafon untuk menutupinya.
• Pemasangan dari atap baja ringan memang cepat karena strukturnya saling terkait satu sama lain, hal ini menimbulkan pro dan kontra, di sisi lain kondisi ini akan mempercepat pemasangan tetapi di sisi yang berbeda, jika terjadi satu saja kesalahan pada saat pemasangan maka seluruh bagian dari atap baja ringan dinilai salah total sehingga perlu dipasang ulang dan dimulai dari nol.
• Atap baja ringan tidak bisa dipotong atau dibentuk untuk disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga terasa kurang fleksibel.

Dengan mengetahui sisi negatif maupun positif dari atap baja ringan tersebut maka anda akan lebih mudah dalam memutuskan pilihan.


Leave a reply "Keunggulan Dan Kekurangan Bentuk Atap Baja Ringan Minimalis"